Pages

CARA MENGHAFALKAN LIRIK LAGU DENGAN CEPAT

Sabtu, 18 Februari 2017

Kalian merasa kesulitan untuk menghafalkan lirik lagu? Apalagi lirik lagu yang bertempo cepat, seperti rap? Atau mungkin lirik lagu yang bukan menggunakan bahasa Indonesia? Kalian pasti pernah mengalaminya. Bagi yang belum pernah, ya sudah.

Kali ini, aku ingin berbagi caraku untuk menghafal lirik lagu dengan kalian. Siapa tahu caranya berguna, kan?

Cara menghafalkan lirik lagu dengan cepat :

1. Berniat
Langkah pertama untuk menghafalkan lirik lagu (menurutku) adalah dengan berniat. Kalau kalian tidak berniat dahulu, itu bukan masalah. Hal itu terserah pada kalian. Aku biasanya berniat dahulu. Dengan hal itu, aku jadi merasa bersemangat untuk menghafalkannya.

2. Bacalah lirik lagu sambil mendengarkan lagu
Langkah kedua setelah berniat, kalian bisa langsung membaca lirik lagu yang ingin kalian hafalkan. Bacalah sambil mendengarkan lagunya. Menurutku, akan lebih cepat untuk menghafal jika membaca lirik lagu sambil mendengarkan lagu itu sendiri daripada hanya membaca liriknya saja.

3. Nyanyikan lagu sambil membaca lirik lagu dan mendengarkan lagu
Langkah ketiga, cobalah untuk menyanyi sambil membaca lirik lagu dan mendengarkan lagunya. Hal ini dilakukan agar kalian bisa menyanyikan setiap nada pada lagu yang ingin kalian hafalkan dengan tepat.

4. Lakukan dengan rutin
Menyanyilah dengan rutin (kalau aku, sehari berkali-kali.) sampai kalian merasa hafal.

5. Nyanyikan lagu tanpa mendengarkan lagu
Setelah kalian merasa hafal dengan lirik dan nada lagunya, cobalah untuk menyanyi tanpa mendengarkan lagunya. Itu akan melatih kalian untuk mengingat liriknya.

Sebagai tambahan dariku:

a. Jika kalian menyukai lagu-lagu Barat, Korea, atau yang lainnya, pasti sedikit susah untuk menghafalkannya. Mungkin tidak sedikit, tetapi memang susah. Apalagi lagu yang bertempo cepat seperti rap. Maka, pelajari kosakatanya dan cara pengucapan kata dari bahasa lagu tersebut. Kalau perlu, cari arti dari liriknya atau terjemahan liriknya, agar kalian paham tentang isi dari lagunya.

b. Dengarkanlah lagu yang ingin kalian hafalkan sebelum tidur. Mendengarkan lagu sebelum tidur akan membuat lebih cepat hafal. Kalau aku begitu.

c. Bagi yang ingin menulis, catatlah lirik lagunya dalam buku yang khusus untuk lirik lagu. Aku sudah mencatat banyak lirik lagu sampai hampir menghabiskan dua buku tulis.

Begitulah caraku untuk menghafalkan lirik lagu. Jika kalian memiliki cara kalian sendiri, pakailah cara kalian sendiri. Mungkin, akan lebih mudah jika menggunakan cara sendiri daripada menggunakan cara orang lain. Jika terdapat salah penulisan pada kata atau kalimat, mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat bagi kalian. Terimakasih.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS